Keunikan Mebel dan Furniture Buatan Asli Indonesia

Keunikan Mebel dan Furniture Buatan Asli Indonesia

Dikutip dari BLOGGERCERIA.com – Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak suku, ras, dan keyakinan menjadikan Indonesia negara yang sangat beragam dalam berbagai hal. Keberagaman Indonesia pun yang membuat Indonesia terlihat unik di mata dunia. Tidak hanya orang-orangnya saja, hasil produksi yang berasal dari kekayaan alamnya juga dinilai mempunyai keunikan tersendiri. Termasuk dalam segi mebel dan furnitur.

Sebelum membahas mebel mungkin sebaiknya kita mengetahui arti mebel dan furniture. Mebel berarti barang barang yang ada di rumah sedangkan furnitur memiliki arti perabotan rumah atau ruangan. Walau pun memiliki perbedaan arti tapi barang yang dimaksud sama seperti kursi, meja lemari, rak dan ranjang.

Membahas mengenai mebel dan furniture yang ada di Indonesia, kita memiliki keunikan karena di tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dalam ornamen pembuatan mebel dan furnitur tersebut. Kita juga memiliki bahan baku kayu yang melimpah karna banyak hutan yang kita miliki, akan tetapi kita juga diresahkan oleh banyaknya penebangan liar atau illegal loging. Salah satu daerah yang sangat terkenal karna keunikan mebel dan furniturnya adalah Mebel Jati asal Jepara.

Jepara menjadi daerah untuk sentra pembuatan mebel dan furniture. Tak hanya unik dan terkenal di Indonesia, Jepara telah mendunia dengan bisnis mebel. Bahkan sudah ada cap atau stereotype  yang mengatakan bahwa mebel buatan Jepara merupakan mebel bermutu tinggi. Banyak orang yang senang menyimpan mebel dan furniture dari Jepara yang telah berusia lama atau tua dikarenakan ada anggapan semakin tua dan lama suatu mebel dan furniture maka semakin anggun dan elegan mebel dan furniture tersebut. Bahakan kekuatan kayu dari mebel dan furniture asal Jepara dapat tahan dari serangan rayap. Bukan hanya dari kualitas akan tetapi ukiran yang khas dari Jepara pun menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak lagi daerah daerah di Indonesia yang memiliki keunikannya sendiri. Contohnya Bali. Dalam setiap pembuatan barang apapun di Bali sangat kental dalam unsur seninya, tidak ketinggalan mebel dan furniture buatan Bali pun sangat identik dengan unsur – unsur seni yang unik. Tak heran jika keunikan mebel buatan orang Indonesia terkenal hingga mancanegara.

  • user

    Laras.

    Hm bagus bagus sekarang praktekan cara membuat mebel...

    3 years ago